Kamis, 11 Juli 2013

Laut Kuning China Kini Berganti Hijau

Turis yang melancong ke Laut Kuning di China akan memperoleh panorama baru yang menarik. Sekarang ini, Laut Kuning China sedang dikerumuni oleh ganggang, sehingga permukaan airnya telah berganti menjadi  warna hijau.

Menyaksikan air laut yang berubah menjadi hijau ini, para pelancong malah tertarik untuk berenang. Sementara itu, buldozer nampak tengah mengangkut ganggang-ganggang yang terbawa ke pasir di Kota Qingdao. 

Ganggang ini dari kelompok enteromorpha prolifera, yang pertama kali muncul di Laut Kuning China pada beberapa pekan yang lalu. Ganggang ini telah menyelimuti lahan seluas 28.900 kilometer persegi laut tersebut. 


Sebelumnya, pemandangan seperti ini pernah terjadi di 2008, serta menyelimuti 13.000 kilometer persegi luas Laut Kuning. Keajaiban ini terjadi dikarenakan nutrisi yang berlimpah di air, terutama nutrisi fosfor, sehingga bisa berpengaruh ganggang berkembang dengan pesat dan meluas. 

Ganggang ini tidak memiliki racun ataupun menghancurkan kualitas air, Ganggang hanya bisa mengakibatkan kepincangan ekstrem pada ekosistem Laut Kuning China sebab mengambil oksigen dan membuahkan hidrogen sulfida, seperti yang telah dilansir dari News,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar